RENDAHNYA MORAL DI MASYARAKAT KALANGAN REMAJA


Pada massa sekarang ini, masyarakat Indonesia mengalami krisis moral khususnya pada kaum remaja. Ini di buktikan oleh semakin menurunnya prilaku masyarakat yang semakin menyimpang, dan remaja tidak henti-hentinya menjadi target utama yang perlu di benahi. Riset membuktikan lebih dari 20% remaja di Indonesia pernah melakukan hubungan seksual di luar nikah. Di balik contohnya, sekitar 13% dari siswa remaja tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA ) telah melakukan hubungan itu. 

Ini sangat memalukan bagi masyarakat Indonesia yang kental dengan adat ketimurannya. Sangat ironis memang, karena ini semua menimpa generasi penerus yang seharusnya mengharumkan nama bangsa di mata Dunia. 

Penyebab terjadinya krisis moral yang menimpa remaja diantaranya adalah; kurangnya perhatian dari keluarga,pergaulan yang tidak baik, dan lingkungan tempat tinggal yang kurang baik. Semua ini tidak terlepas dari peran orangtua yang seyogyanya dapat mengontrol tingkah prilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah krisis moral remaja diantaranya : adanya motivasi dari keluarga, guru, sahabat, untuk mendorong remaja ke pergaulan yang lebih baik. Peran orangtua serta pemerintah sangat di butuhkan untuk menyelesaikan masalah ini, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar